Strawberry


Mama pulang dari Kebun Argo Malang dan membawakan oleh2 buatku: strawberry dan berry hitam, hmmm enaknya dibikin apa??? dijus mah biasa.. akhirnya iseng2 bikin ini… eh jd juga 😛

Its Contains: Milk Pudding, Blueberry pudding, and strawberry Pudding

Ingredients:
Bahan:

Lapisan bawah (milk pudding)
1. 1 bungkus agar-agar putih
2. 3 gelas air
3. 7 sdm susu kental manis
4. 250 gr gula pasir

Lapisan tengah (blueberry pudding)
1. 1 bugkus agar-agar putih/tanpa warna
2. 200 gram gula pasir
3. 80 gram buah arbei hitam atau blueberry, bisa juga alternatif lain, diganti selai blueberry yang diencerkan dengan air
4. 3 gelas air

Lapisan atas (strawberry pudding)
1. 1 bungkus agar-agar putih atau bisa jg agar-agar rasa strawberry
2. 200 gram gula pasir
3. 75 gram buah strawberry, potong-potong
4. 5 sdm susu kental manis
5. 3 gelas air

cetakan loyang (jika menghendaki ukuran besar) atau bisa juga cup plastik bentuk variasi (untuk ukuran kecil-kecil)

Hiasan: 50 gram strawberry, iris-iris

Directions:
Lapisan bawah:
* Campur air dan susu kental manis.
* Siapkan panci dan masukkan agar-agar, gula, dan susu, aduk-aduk. Masak diatas kompor hingga mendidih, angkat.
*Tuang adonan ke dalam loyang atau cetakan, biarkan sedikit memadat.

Lapisan tengah:
*Buah blueberry/ arbei hitam dimasukkan blender, tambahkan 1 gelas air dan 2 sdm gula, haluskan.
*Siapkan panci dan masukkan 1 bungkus agar-agar kedalamnya. Tambahkan gula, air, serta jus blueberry/ arbei hitam ke dalam panci tersebut, aduk-aduk dan masak diatas kompor hingga mendidih, angkat.
* Tuang adonan tersebut ke dalam cetakan yang telah diisi lapisan bawah. Biarkan sedikit memadat.

Lapisan atas:
* Buah strawberry dipotong-potong dan dimasukkan dalam blender
* Masukkan juga susu kental manis dan 1 gelas air, haluskan.
* Siapkan panci dan masukkan 1 bungkus agar-agar kedalamnya. Tambahkan gula, air, serta jus strawberry ke dalam panci tersebut, aduk-aduk dan masak diatas kompor hingga mendidih, angkat.
* Tuang adonan tersebut ke dalam cetakan atau loyang yang telah diisi lapisan bawah dan tengah. Biarkan memadat.

Sajikan dingin dengan saus vla dan hias dengan potongan buah strawberry diatasnya..

^^ Silakan mencoba dan menikmatinya….

 

Resep n Photo By:  Atik Savitri R.

Iklan

Assalamualaykum….

Pa kabar semuanya? Duh, dah lama nih jarang blogging di WordPress.. Jarang juga balesin komen2 temen-temen semua.. Maap yak maap… Ntar Insya Allah akan coba dibalesin satu2 😉

Kemana aja sih kemaren? hehe… saya lagi sibuk-sibuknya berkutat dengan kain flanel. Ada yang dah ngerti tentang kain flanel??

Flanel itu  adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel atau felt yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya.

Nih dia contoh kainnya.. Check this out 😀

Gambar kain flanel ini diambil dari sini

Nah, trus apa yang saya lakukan dengan kain flanel? saya nyoba2 berkreasi dengan kain itu untuk bikin souvenir dan pernak-pernik. Alhamdulillah kerjaan iseng2 tersebut malah berbuah rejeki.. Banyak yang tertarik buat pesen handmade ini, walopun sebenernya saya masih baru aja belajar hehe…Responnya cukup baik ^_^  Subhanallah, Alhamdulillah…..

Flashdisk Panda versi me ^_^

Gantungan HP Buah-buahan versi me

Souvenir Flanel Cakes *bisa dijadiin souvenir nikahan ato ultah*

Souvenir Flanel Cakes *bisa dijadiin souvenir nikahan ato ultah*

Mini Fruity Chococheese Cakes

Mini Fruity Chococheese Cakes

Ada yang tertarik pengen pesen 😉 ?

Saya juga ada toko online lho.. di sini—> http://strawberryflanelcraft.blogspot.com

Di Multiply juga ada: http://aisavitri.multiply.com

Oh ya,,, Spesial buat Kang Insan, makasih banyak dah bantuin saya bikin desain brand buat produk2 handmade ini….

Bagus2 banget, saya sampe bingung milihnya.. ^^

Bener2bener TOP BGT deh!!!  Maap merepotkan  🙄 , padahal Kang Insan lagi sibuk2nya kerja keliling nusantara (waktu itu lagi di Palembang ya Kang.. hihi).

Bagaimana saya bisa membalas jasa2nya beliau ini yang begitu baik, dikasih gratis pula… Jadi terharu.. 😀

Hari Kamis kemarin saya berbuka dengan takjil minuman Strawberry Punch sederhana buatan saya. Bagaimana tidak sederhana, saya membuatnya tanpa rencana sama sekali dan ala kadarnya (sekedar nyoba-nyoba berkreasi sendiri tanpa tau sebenarnya resep bikin punch itu seperti gimana), buahnya pun juga tinggal petik di depan rumah. Ada yang ingin mencoba mencicipi rasanya? Hmm… gimana ya.. agak terlalu asam sih… Hehehe… Mau mencoba? Begini resepnya:

Strawberry Punch

Bahan:

  • 3 buah strawberry
  • Beberapa potong es batu atau bisa juga air es
  • 3 sdm sirup rasa strawberry
  • Air soda sedikit

Cara membuat:

  • Iris-iris tipis buah strawberry
  • Masukkan sirup dan es batu atau air es, serta air soda ke dalam gelas
  • Aduk-aduk dan kemudian masukkan potongan buah ke dalamnya
  • Siap dihidangkan

Porsi: 1 gelas

NB: Agar tidak terlalu asam bisa ditambahkan sedikit gula.

Psst… bila hari ini berencana memeriahkan hari kemerdekaan dengan keluarga atau bikin lomba agustusan dengan adik-adik keponakan, bisa lho nyoba menghidangkan minuman ini.. pasti mereka suka dengan warna merahnya..

Recipe and photo by: Atik Savitri R.

Akhirnya saya punya tanaman Strawberry di rumah.. ^_^ Tadi sore kedua orang tua saya pulang dari Trawas-Malang dan membawa oleh-oleh berupa dua buah tanaman Strawberry (Fragraria sp. ) untuk saya. It’s so nice! Well, mereka tau banget kalau putri satu-satunya ini amat menyukai buah merah segar nan imut itu. Heheuh! Tapi masalahnya.. bisa bertahan hidup nggak ya nih taneman di daerah panas kayak Surabaya dan sekitarnya (maksudnya rumah saya), khan Strawberry habitatnya di daerah pegunungan yang dingin kayak Malang, Bandung, de..el..el.. Musti ekstra hati-hati nih ngerawatnya. Bei de wei.. katanya si penjual, bisa saja hidup di daerah panas seperti Surabaya tapi nggak boleh langsung terpapar sinar matahari. Jadi musti ditaruh di tempat teduh gituh.. Trus katanya lagi penyiramannya pun cukup dilakukan sekali sehari. Semoga nih tanaman bisa tumbuh dengan baik dan berbuah lebat yah.. (biar bisa dijadiin jus dan cakes strawberry ^_^) …

Bahan:

Lapisan atas:

  1. 100 gr Strawberry
  2. 5 sdm susu kental manis
  3. 3 gelas air
  4. 1 bungkus agar-agar
  5. 200 gr gula pasir

Lapisan bawah:

  1. 1 bungkus agar-agar
  2. 3 gelas air
  3. 7 sdm susu kental manis
  4. 250 gr gula pasir

Cara Membuat:

1. Buat lapisan atas (adonan merah muda)

  • Buah strawberry dipotong-potong dan dimasukkan dalam blender
  • Masukkan juga susu kental manis dan 1 gelas air, haluskan.
  • Siapkan panci dan masukkan 1 bungkus agar-agar kedalamnya. Tambahkan gula, air, serta jus strawberry ke dalam panci tersebut, aduk-aduk dan masak diatas kompor hingga mendidih, angkat.
  • Tuang adonan tersebut ke dalam cetakan atau loyang. Biarkan sedikit memadat.

2. Buat lapisan bawah (adonan putih)

  • Campur air dan susu kental manis.
  • Siapkan panci dan masukkan agar-agar, gula, dan susu, aduk-aduk. Masak diatas kompor hingga mendidih, angkat.

3. Potong-potong tipis beberapa buah strawberry. Lalu susun di pinggiran cetakan/ loyang.

4. Masukkan adonan lapisan putih ke dalam cetakan/ loyang dengan hati-hati. Biarkan memadat dan simpan dalam lemari es. Lebih nikmat disajikan dingin dengan saus vla.

Untuk 10 potong.

Recipe and Photo by: Atik Savitri R.


Minuman favorit saya adalah Jus Strawberry.. Rasanya manis campur asam, hmm… menyegarkan, selain itu Jus Strawberry punya banyak khasiat terutama buat kesehatan.
Kandungan vitamin A, C, B, Kalsium, Posfat dan Magnesium yang cukup besar berguna untuk pemenuhan kebutuhan tubuh. Kandungan vitamin yang dikandungnya sebesar 56.700 mg per 100 gr strawberry cukup baik sekali sebagai antioksidan sekaligus penghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Kandungan lemaknya rendah dan tinggi akan serat membuat strawberry sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes atau lagi diet.
Nah, sekarang saya kepingin berbagi resep membuat Jus Strawberry nih… Gampang sekali lho bikinnya… (lebih…)

Bentuk buahnya seperti hati dengan warna merah menyala. Karenanya sangat pas sebagai simbol dewi cinta. Buah yang sudah ditanam sejak abad 13 ini memiliki rasa manis, segar yang sarat vitamin dan mineral. Apa saja ya khasiatnya buat tubuh?

Bearoma Harum: Nama Latin buah lambang cinta ini adalah Fragaria. Nama tersebut berkaitan dengan ‘fragrance’atau ‘aroma’. Sedangkan nama strawberry sendiri konon berkaitan dengan ‘straw’ alias merang yang dipakai untuk mengalasi buah strawberry. Uniknya biji strawberry berada di bagian luar buah berbentuk sangat kecil sehingga membuat tampilan buah jadi makin solid. Aroma buah strawberry sangat harum, manis sekaligus segar karena itu buah ini sangat digemari. (lebih…)