Kemarin nyoba2 bikin sup jagung, eksperimen pertama gitu deh, hehe.. jadinya saya udah siap2 kalo rasanya ntar bakalan aneh.
Btw resepnya sih hasil gugling dari ini –> http://www.dunia-ibu.org/html/sup_jagung.html
Hanya saja karena pas belanja di tukang sayur blm tau takaran porsinya alias blm gugling, so saya cm beli dua buah jagung dan bikin resep utk 5 porsi kecil atau kalo versi mangkuk gedenya 3 porsi๐Ÿ˜› (dikurangin takarannya dari resep asli)
Ya udah, daripada keliru kasih takaran resepnya ala saya yg asal cemplung2 dan bs menyesatkan buat tmn2 yg mo copas ;D.. saya posting sesuai resep aslinya aja ^____^
silakan dicoba…. hasilnya ternyata lumayan dan mudah apalagi buat yg masih belajar kayak saya…

Oh ya lebih nikmat disajikan hangat2… kalo keburu dingin bisa mengental..

Bahan:
1 kaleng Jagung atau 5 buah jagung manis dipipil
1 dada ayam, disuwir atau dicincang kasar
4 butir telur ayam, dikocok
1 kaleng susu carnation tawar atau (versi saya beberapa sendok susu krim bubuk yg dilarutkan air)
100 gr tepung terigu
100 gr mentega
2 gelas air
bawang merah 6 siung
bawang putih 4 siung
merica secukupnya
garam secukupnya
daun bawang dan seledri (1-2 batang) diikat jadi satu (jangan diiris)

Cara Membuat:
1. merica, bawang merah, bawang putih, garam diulek halus

2. terigu digoreng pakai mentega lalu diseduh pakai air dua gelas belimbing

3. jagung dan ayam direbus sampai mendidih, lalu masukan bumbu yang sudah diulek halus (jangan ditumis), kemudian masukan terigu yang sudah digoreng

4. cemplungin daun bawang dan seledri yang sudah diikat

5. kalau sudah mendidih, masukan kocokan telur pelan2 sambil diaduk2, masukin susu, diaduk2 sampai mendidih.

6. cicipi dan hidangkan hangat2… lebih yummy kalau ada garlic bread๐Ÿ™‚