DSC02047 crop

A cup of coffee, teman yang tepat saat membaca buku

Anda suka kopi? Saya suka.. namun gak sampe addicted gitu sih .. Kopi yang jadi favorit saya adalah kopi instan yang telah dicampur krim dan sedikit gula. Bayangkan di sore hari anda menyempatkan untuk membaca buku dengan ditemani secangkir kopi panas. Atau terkadang pas pagi hari anda mantengin layar kompie atau notebook sambil menyeruput kopi hangat. Hmmm… betul-betul nikmat banget :D… suasana yang cukup membuat saya PeWe (baca: posisi wuenaaak).. Walau begitu saya membatasi pemasukan porsi kafein dalam tubuh saya. Saya nggak pengen sampe ketagihan buanget. Jadinya seminggu paling minum kopinya 2-3 kali aja. Coz pengalaman nih, saya pernah saban hari minum kopi (karena minggu-minggu UAS) dan dalam satu cangkirnya saja saya masukkan 2 sachet kopi krim.. Alhasil, jantung jadi berdebar-debar kencang.. Masak pas ngerjain ujian jadi gak konsen gara2 jantungnya deg-degan mulu… wkekeke.. kapok deh..

Heran, dulu saya sebenarnya nggak seberapa suka kopi lho! Tiap ada cake rasa mocca atau semacam tiramisu gitu saya gak doyan, menghindar terus . Namun, waktu kelas 3 SMP nyoba-nyoba minum kopi (saat itu kopi yg saya minum adalah yang warnanya item pekat alias kopi tubruk) buat menghilangkan kantuk.. Begadang buat belajar nih ceritanya… Upps..gak taunya lama-lama jadi suka en kebiasaan. Tiap ada ujian yang mengharuskan saya begadang saya langsung bikin secangkir kopi buat nemenin saya melahap buku-buku. Saya pun nyobain kopi yang dicampur krim, then… langsung jatuh hati-lah saya.. hehehe.. dan diriku pun tak pernah menyentuh kopi tubruk lagi๐Ÿ˜› Ternyata kopi itu enak.. Menghirup aromanya saja sudah bikin mood-ku jadi better. Dan akhirnya bisa ditebak saya pun gak benci lagi sama cake tiramisu atau yang berasa kopi-kopi gitu. Gak jadi benci lagi.. Weleh, ini mah benci jadi cinta ya…๐Ÿ˜›

Apalagi di bangku kuliah, saya semakin jatuh cinta sama kopi. Pas di kosan, saya suka bikin kopi dalam cangkir favorit saya yang berukuran kecil. Trus temen-temen di kos pada ikutan nyicip n ketularan bikin juga buat nemenin belajar. Hehehe… saya ini kok ya bawa virus menular ginih.. Virus baik atau virus buruk ya??? Tapi tak selamanya minuman favorit saya kopi mulu,, saya juga suka nge-teh dan suka minum susu hangat. Namun yg number one yah itu tadi, kopi! biasanya macem kopi yang suka adalah vanilla late, cappuccino, moccacinno, sama chococinno.. Hmmm… baik panas ato dingin (ice) semuanya saya suka. Kalo pas makan bareng ma keluarga dulu sukanya pesen ntuh (papa dan saya terutama yg suka kopi), tapi akhir-akhir ini saya beralih pada jus strawberry atau es teh manis๐Ÿ™‚.. mengurangi kecanduan pada kopi.. hik..hik๐Ÿ˜€ !!

Well, barusan iseng-iseng tanya Mbah Gugel tentang manfaat dari a cup of coffee, jawabannya bejibuuun… Wow, coffee-lover itu ternyata banyak banget.. Bahkan ada yang bikin komunitas tersendiri sebagai pecinta kopi. Sampe cara bikin kopi yang bermacam-macam pun juga dibeberkan.. Hmm,, tiap citarasa kopi yang berbeda-beda itu ternyata mempunyai rahasia tersendiri dalam pembuatannya ;) .

Apa saja sih manfaat kopi buat kesehatan kita? Trus plus-minusnya apa aja? Yuk simak poin-poin berikut yang saya rangkum dari beberapa sumber ini:

The Facts of Coffee:

  • Kafein yang terkandung dalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.
  • Jumlah kafein pada kopi yang masih dalam batas normal adalah tidak lebih dari 400 mg perhari, berikut jumlah kafein yg terkandung dalam kopi yang biasa kita konsumsi:

1 cangkir kopi kental = 125 mg
1 cangkir espreso / kopi tubruk / kopi saring = 80 mg.
1 cangkir kopi instan = 65 mg

  • Antioksidan dalam 1 cangkir kopi yang rata-rata sebanyak 85 mg kopi 3,5 kali lebih banyak dari pada 1 gelas teh maupun coklat

Manfaat kopi:

  • Menurunkan resiko terjadinya penyakit Diabetes-2 (normalnya bila dikonsumsi 2-3 cangkir per hari)
    โ€œAsam chlorogenic, adalah antioksidan yang terkandung di dalam kopi dan berfungsi untuk mengencerkan gula darah,โ€ ujar Frank Hu, Ph.D, profesor di Harvard School of Public Health.
  • Dua cangkir kopi setiap hari dapat pula menurunkan resiko terserang kanker kolon (usus besar) sampai 25%
  • Mengurangi resiko penyakit kanker sirosis hati, batu empedu bahkan kanker rahim.
  • Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru.
  • Mengatasi depresi
  • Meningkatkan daya ingat dan mempertahankan konsentrasi
  • Kafein di dalam kopi memicu produksi hormon endorfin yang berfungsi mengurangi rasa nyeri, kelelahan dan sakit kepala,โ€ ujar Stanley Segall, Ph.D, profesor bidang Nutrisi dan Makanan di Drexel University, Philadelphia.
  • Mencegah gigi berlubang
    Minum segera secangkir kopi hangat (teh juga, karena mengandung kafein) sesaat setelah mengonsumsi cookies, cake cokelat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh membrantas bakteri penyebab gigi berlubang.
  • Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.
  • Meningkatkan kesuburan pria
    Para ilmuwan Brasil mengumumkan hasil penelitiannya pada American Society for Reproductive Medicine di San Antonio yang menyebutkan bahwa minum kopi bisa membuat sperma bergerak lebih cepat, sehingga berpotensi meningkatkan kemungkinan kehamilan pada pasangan.

Warning!

  • Wanita hamil disarankan untuk menghindari kafein karena dapat menyebabkan kecacatan pada janin
  • Kopi akan berefek negatif pada kesehatan jika dikonsumsi berlebih (diatas 5 cangkir perhari)
  • Batasi pemasukan kafein dalam tubuh dengan cara jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi, teh dan makanan seperti coklat batangan yang mengandung kafein dalam satu hari terus menerus.
  • Wanita menopause disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi kopi (cukup 1 cangkir per hari saja), karena dapat menghilangkan banyak kalsium melalui air seni.
  • Minum kopi bisa menyebabkan pengeluaran air seni lebih banyak (jadi jangan kaget kalo abis minum kopi atau minuman berkafein lainnya membuat kita jadi sering kebelet buang air kecil), so imbangilah dengan konsumsi air putih yang juga banyak (minimal 1,5 liter per hari).

Referensi artikel:

  1. Juragan Medis (Pakde Jack, thanks ya.. ;) )