Mari sejenak kita perhatikan, berbagai fakta ini,

Ada pohon yang bisa memberikan manfaat kepada manusia, dan ada juga pohon yang sama sekali tidak ada gunanya. Ada pohon yang bisa berguna sebagai makanan atau bahkan sebagai obat, tapi ada juga pohon yang justru menjadi beban dan membawa penyakit.

Ada pohon yang akarnya begitu kuat mencengkram tanah dan dahannya tinggi menjulang ke langit, sementara ada pula pohon yang akarnya lemah, batangnya kurus dan tidak bisa berdiri tegak.

Ada pohon yang begitu indah dan menarik orang untuk melihatnya, tapi ia hanya layak untuk menjadi pajangan atau hiasan saja.

Ada pohon yang batangnya kokoh dan akarnya kuat sehingg ia mampu melawan terpaan angin. Tapi ada yang hanya dengan tiupan angin perlahan, ia sudah tumbang.

Diantara pohon-pohon itu manakah yang mempunyai kemiripan sifat-sifatnya dengan kita? Siapakah kita? Pohon yang menebar manfaatkah, atau pohon yang justru menebar penyakit? Pohon yang kuat dan kokohkah, atau pohon yang lemah dan tak memiliki akar? Pohon yang indah dan menarik sajakah, tapi hanya sebagai hiasan belaka? Pohon yang kuat melawan terpaan anginkah, atau pohon yang mudah patah oleh sekedar tiupan?

Boleh jadi sekarang kita masih menjadi pohon yang lemah dan mudah patah, belum bisa bermanfaat serta masih sekedar hiasan. Tapi dalam kebersamaan ini, kita akan menempa diri untuk menjadi pohon yang indah, dahannya kuat, menjulang, kokoh, dan menebar manfaat. Yang dirindukan dikala terik dan hujanโ€ฆ
“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.” (QS. Ibrahim : 24-25).