Sesungguhnya, bermanfaat bagi orang lain adalah sebuah keindahan yang tidak bisa digambarkan dengan barisan kata-kata. Bermanfaat untuk orang lain adalah sebuah investasi yang memang sengaja ditanam, sebab sebaik-baik manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi makhluk Allah lainnya.

Bermanfaat bagi orang lain adalah sepenggal kisah kehidupan yang mulai mengukir secuil cerita tentang empati. Bukan menerima tapi memberi, sebab tak ada satupun yang mampu mengembalikan semua harga yang telah dikorbankan, kecuali Allah.. sehingga pada akhirnya… bermanfaat bagi orang lain akan bermakna keringanan. Bermanfaat bagi orang lain, adalah sebuah gambaran sederhana dari kesempurnaan cinta, sebab tidak sempurna keimanan seseorang sebelum ia mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.

Bermanfaat bagi orang lain adalah wujud kekokohan ukhuwah, sebab sebuah prinsip sederhana berjudul “itsar” akan diwujudkan disini. Mendahulukan saudaranya, sekalipun ia amat membutuhkan. Pada akhirnya hal inipun akan berujung kemuliaan.

Bermanfaat bagi orang lain adalah wujud dari sebuah kelapangan, kesabaran, serta kesadaran akan keberadaan dirinya dan manusia lain. Maka, jadilah sebaik-baik manusia; bermanfaat bagi orang lain.

(*sudahkah Anda????)

“Untuk mengetahui ilmumu bermanfaat atau tidak, cukuplah kau lihat bekasnya. Jika dengan itu kau semakin takut kepada Allah dan semakin baik ibadahmu kepada-Nya, maka itulah tanda ilmumu benar-benar bermanfaat. Jika sebaliknya, maka berhati-hatilah…” (El-Shirazy, H. 2007)