Kurma adalah buah yang penuh berkah. Rasulullah SAW mewasiatkan kepada kita untuk memakannya ketika mulai berbuka puasa di bulan Ramadhan. Beliau mengutamakan kurma dari menu-menu lainnya. Lalu apa yang dapat diungkapkan oleh ilmu pengetahuan modern tentang khasiat kurma bagi manusia?

Berdasarkan penelitian biokimia, kurma mengandung zat gula sebanyak 70-75% gula, 20-24% air, 2-3% protein, 8,5% serat, dan sangat kecil sekali mengandung kandungan lemak jenuh (lechithine). Ini adalah beberapa fakta yang diperoleh dari hasil penelitian tentang kurma:

  • Mengkonsumsi kurma setiap kali berbuka puasa akan menambah persentase yang besar akan kandungan zat gula, maka dengan ini akan hilang penyakit Anemia sehingga tubuh menjadi bergairah.
  • Saat lambung kosong dari makanan, maka ia akan mudah mencerna dan menyerap makanan kecil yang mengandung gula ini secara cepat dan maksimal.
  • Dengan kandungan air yang tinggi, maka seorang yang puasa tidak harus meminum air dalam jumlah yang banyak ketika berbuka.
  • Kurma dengan sejumlah kandungannya yang ada sangat efektif bagi tubuh manusia, sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai alat pencegahan, pengobatan, serta untuk memelihara kesehatan.