Bayangkan saja ketika akan melakukan perjalanan, biasanya kita menyiapkan daftar hal-hal yang kita butuhkan untuk perbekalan. Maksudnya, untuk meyakinkan kita bahwa segala kebutuhan tersebut tidak menganggu perjalanan akibat terlupakan atau tidak terlengkapi.

Ramadhan merupakan perjalanan kita untuk semakin dekat dengan Allah. Di tengah jalan kita mungkin akan menemui beberapa hambatan dan godaan yang akan menghalangi dan melambatkan jalan kita. Nah, agar perjalanan ini berlangsung lancar, kita membutuhkan persiapan.

Berikut adalah beberapa hal yang diperlukan dalam mempersiapkan perjalanan di bulan Ramadhan:

1. Sikap antusias
Seorang mukmin pasti menanti-nanti datangnya Ramadhan. Ia bahagia ketika bulan Ramadhan tiba dan sedih ketika bulan Ramadhan berlalu. Kita juga,
kan?

2. Waktu
Ramadhan mengharuskan kita menyisihkan lebih banyak waktu yang lebih banyak untuk ibadah. Rencanakan agar Ramadhan tidak terlalu disibukkan oleh tuntutan-tuntutan dunia. Kita harus pintar dalam memilih aktivitas yang dapat dihentikan sementara waktu. Jangan sampai kesempatan untuk memperoleh berkah dari Allah di bulan ini terlewatkan.

3. Al-Quran
Ramadhan itu seperti musim seminya Al-Quran. Memahami firman Allah dan merenungkannya seharusnya menjadi aktivitas harian kita di bulan suci ini. Jadi, Al-Quran merupakan benda yang perlu ada di ‘bagasi’ dalam perjalanan kita.

4. Pemberian sedekah yang bermanfaat
Ramadhan adalah waktu yang terbaik untuk bersedekah di jalan Allah. Sedekah dapat meredam kemurkaan Allah dan mendatangkan banyak berkah bagi pemberinya.

5. Tekad untuk menghindari perbuatan dosa
Kita sering mendengar bahwa puasa tidak sekedar menahan diri dari makan dan minum. Kita harus tegas memutuskan untuk bersungguh-sungguh berperang melawan perbuatan yang membuat Allah tidak meridhai kita.

6. Keinginan membantu orang lain
Dalam khutbah menjelang bulan Ramadhan, Rasulullah mengatakan,

“Barang siapa yang meringankan pekerjaan para pekerjanya di bulan ini, Allah akan meringankan hisabnya pada hari kiamat.”

Ini tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang memiliki pekerja saja. Membantu orang tua, saudara, para sahabat, dan lainnya selama bulan Ramadhan merupakan perbuatan yang sangat utama.

Hal-hal di atas dan hal yang serupa lainnya adalah perlu untuk suksesnya perjalanan selama bulan Ramadhan. Rugi besar jika bulan yang penuh rahmat dan berkah ini berlalu begitu saja. Untuk menghindari kegagalan seperti itu, penting bagi kita untuk secara reguler memperbarui daftar aktivitas bulan Ramadhan.


Sumber bacaan: Syiar edisi Ramadhan 1429 H.