Ini adalah foto teman-teman Biologi Unair angkatan 2004. Sebenarnya pada awal perkuliahan kami tidak memiliki foto angkatan yang resmi seperti ini (foto di studio). Karena biasanya kami hanya berfoto bareng pada saat acara-acara tertentu seperti buka puasa bersama, bergaya di depan patung rektorat ataupun juga janjian serentak pakai baju hijau. Yah, seperti itu.. ndak resmi. Padahal teman-teman dari jurusan lain sudah memiliki foto angkatan sejak mereka masih berpersonil lengkap (awal semester karena belum ada yang pindah kuliah). Sedangkan kami baru punya foto angkatan resmi ini pada saat akhir tahun 2007 kemaren, tepatnya pada akhir semester 7. Itupun juga personilnya sudah tidak lengkap lagi.. Udah ada beberapa orang yang pindah kuliah ke jurusan atau universitas lain. Sayang ya… dalam foto ini pun juga ada 5 orang teman yang berhalangan hadir karena ada acara lain. Tapi kalau nunggu lengkap-lengkap terus kapan terealisasinya coba?

Jujur, mengumpulkan teman-teman sebanyak ini cukup sulit. Menyamakan waktu dan mengumpulkan biaya untuk berfoto bersama, wuih.. butuh kerja keras yang cukup tinggi lho.. BTW *ehm…* sayalah yang mengobrak-obrak (mengingatkan terus) dan mengkoordinir mereka untuk foto bersama. Alhamdulillah terealisasi juga.. walaupun wajah kami udah tidak seimut awal semester dulu.. Hehehe… ;p (Ah, meski udah semester akhir tetep imut kok *protes neh*).

Ini berawal dari program kerja saya (Biro Danus Himbio) untuk membuat kalender tahun 2008. Nah untuk membuatnya saya butuh foto masing-masing angkatan dari 2004-2007 agar nantinya bisa dipajang pada kalender Himbio. Untuk itu saya mengkoordinir tiap-tiap angkatan untuk menyetorkan foto. Tapi…*duh, jadi malu* angkatan saya sendiri tidak punya foto resmi. Akhirnya mau tidak mau saya berupaya membujuk mereka untuk berfoto bersama. Walau pada akhirnya banyak teman 2004 yang tidak membeli kalender dengan alasan udah mau lulus.. Tujuan kami berfoto sebenarnya bukan hanya untuk kalender tapi karena ingin punya kenangan yang bisa diabadikan secara resmi. Jadilah foto ini yang menjadi kenangan paling berharga kami… wajah-wajah yang penuh keceriaan (dan sedikit narsis ^_^ ). Banyak lho yang memajang foto ini pada halaman akhir skripsinya (termasuk saya). Malahan disitu saya juga menyelipkan teks lagu Graduation (Friends Forever) yang dinyanyiin Vitamin C. Yep, saya suka sekali lirik lagu perpisahan ini (walaupun sebenarnya menyedihkan kalo kita mendengar kata berpisah)… dan biasa saya cantumkan pada saat kelulusan seperti waktu SMA dulu. Begini liriknya:

“Graduation (Friends Forever)”

And so we talked all night about the rest of our lives
Where we’re gonna be when we turn 25
I keep thinking times will never change
Keep on thinking things will always be the same
But when we leave this year we won’t be coming back
No more hanging out cause we’re on a different track
And if you got something that you need to say
You better say it right now cause you don’t have another day
Cause we’re moving on and we can’t slow down
These memories are playing like a film without sound
And I keep thinking of that night in June
I didn’t know much of love
But it came too soon
And there was me and you
And then we got real blue
Stay at home talking on the telephone
We would get so excited and we’d get so scared
Laughing at ourselves thinking life’s not fair
And this is how it feels

[1] – As we go on
We remember
All the times we
Had together
And as our lives change
Come Whatever
We will still be
Friends Forever

So if we get the big jobs
And we make the big money
When we look back now
Will our jokes still be funny?
Will we still remember everything we learned in school?
Still be trying to break every single rule
Will little brainy Bobby be the stockbroker man?
Can Heather find a job that won’t interfere with her tan?
I keep, I keep thinking that it’s not goodbye
Keep on thinking it’s a time to fly
And this is how it feels

La, la, la, la:
Yeah, yeah, yeah
La, la, la, la:
We will still be friends forever

Will we think about tomorrow like we think about now?
Can we survive it out there?
Can we make it somehow?
I guess I thought that this would never end
And suddenly it’s like we’re women and men
Will the past be a shadow that will follow us ’round?
Will these memories fade when I leave this town
I keep, I keep thinking that it’s not goodbye
Keep on thinking it’s a time to fly

Teman-temanku, T_T… Apa yang telah kita lalui semenjak 4 tahun ini mungkin akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Canda tawa, kekompakan, keriangan kalian, suka duka yang kita alami bersama, cinlok (hayoo… dulu banyak yang kena cinlok.. hehe.. tapi sekarang udah nggak ada yang ‘jadi’. But who knows…, gak tau lagi kalo nanti ternyata diantara kalian ada yang berjodoh dan menikah.. wuaa… pasti lucu..😀 )

Dari kiri ke kanan dan dari bawah ke atas:

Baris pertama : Putu, Selvi, Dewi Pus, Yanti, Rini, Ayu, Erin, Nurul, Fitri, Widi

Baris kedua : Endah, Dila, Iis, Maria, Aina, Etty, Uli’, Pury, Nenik, Fina, Nida, Dida

Baris ketiga : Vira, Dyah, Yeni, Dewi Damay, Me, Neni, Aul, Erma, Marin, Arina, Astry, Wina, Ratna, Niu, Noer, Septine

Baris keempat : Wayan, Lina, Dedi, Eris, Hardi, Hendro, Dino, Sodikin, Yuyus, Shodiq, Sahrul, Erlix, Pendi’, Dince, Aris

Teman-teman yang berhalangan hadir : Syauqi, Rosmala, Joey, Niken, Tina

Teman-teman yang udah pindah : Rahma, Irul, Fahmi, Agung, Tya, Awan, Deni Rinawati

Ehm… trus sapa lagi ya, apakah ada yang lupa kusebut ? semoga tidak…😉

Semangat teman-temanku Bio’04… semoga kalian semua menjadi orang yang sukses yah ! Amiien…. Bio Life Himbio Jaya.. !!!

PS : Don’t forget sama rencana kita, 5 tahun lagi kita reuni bareng…