Pengumpulan naskah skripsi musti dikumpulin tanggal 13 Juni besok. Otomatis aku yang masih berkutat dengan penelitian skripsi yang tak kunjung berhasil, merasa ketar-ketir. Sampe detik ini udah mengalami tiga kali kegagalan.. Wow! Tapi kata temen2 hal itu wajar, karena ada yang sampe ngalamin 21 kali kegagalan. V_V Terbersit dalam pikiranku apa aku musti ambil satu semester lagi kalo hasil penelitiannya kayak gini terus.

Mikroba fitopatogen yang harus aku uji dengan larutan ekstrak lumut Dumortiera sp. ada 2 macam yaitu Xanthomonas oryzae dan Fusarium solanii. Nah, yang paling sering bikin kesel ya saat numbuhin Xanthomonas oryzae, bakteri ini bolak-balik terkontaminasi sama beberapa mikroba lain. Halo (diameter hambatan) yang aku inginkan juga ndak muncul-muncul. Target yang telah aku petakan jadi tertunda terus.. pekerjaan baru nambah, memurnikan mikroba yang terkontaminasi dalam sampel bakteriku.

Ya Allah Gusti… Sabar… Sabar… Aku nggak boleh mengeluh! ^_^ Yang musti kulakukan harus tetap berdoa dan berusaha. Disaat kalut seperti ini, aku menemukan lirik bagus dari link teman yang cukup menginspirasi.

TANGGUH
~ Derby Romero

Jangan kau ragu dalam setiap langkahmu
Yakinlah bahwa kau mampu melangkah
Teguhkan hati, lakukanlah!

Keyakinanlah dasar s’galanya
Lakukan niatmu, jangan kau rasa bimbang
Kau pasti berhasil…

Yakinilah dirimu itu tangguh bagai karang
Di gelora pun tegar
Jangan gentar walau sekejap
Sebab bintangmu di sana menantikanmu datang
‘Tuk meraihnya

Singkirkan s’gala kecemasanmu itu
Jauhkanlah semua rasa takut
Yang ada di dalam dirimu
Janganlah kau pernah menyerah!