Beberapa bulan lalu (kalo tidak salah awal bulan Desember), lagi musim buah mangga. Alhasil keluargaku pun juga panen karena pohon mangga di belakang rumah lagi berbuah lebat. Di awal bulan tersebut (aku lupa persisnya tanggal berapa) ada kunjungan studi praktikum ke Balai Inseminasi Batu-Malang, dalam acara tersebut aku kebagian tugas sebagai PJ Konsumsi. Selain mempersiapkan bekal makan siang yang sudah kupesan di salah satu dosenku (beliau membuka usaha sampingan ‘catering’ di rumahnya), aku juga berpikir snack (sarapan) apa yang tepat untuk dibagiin ke teman-teman. Budget yang diberikan pun tidak seberapa banyak. Lalu temanku memberi ide agar aku membuat puding cokelat. Yah, mereka (katanya sih!, jadi sedikit narsis nih.. ;p) ketagihan sama puding cokelat buatanku. Akhirnya aku menyetujui ide tersebut dan membuat dua macam puding yaitu puding Chocolatino (campuran cokelat dan kopi) dan pudding Mangga. Yah, alhamdulillah kebetulan ada mangga banyak di rumah, jadinya tidak terlalu sulit untuk mempersiapkan bahannya. Ketika saya membagikan agar-agar tersebut ke teman-teman, mereka cukup menyukainya dan malah ada beberapa temen dan yang menanyakan bagaimana cara membuatnya. Salah seorang dosen pun juga turut berkomentar atas puding tersebut, hehe.. Nah, untuk kali ini, saya ingin mencoba berbagi resep puding mangga, caranya cukup mudah sekali lho.. dan tidak membutuhkan bahan terlalu banyak.

Puding Mangga

Bahan:

1 Buah Mangga

1 gelas gula

1 bungkus agar-agar

3 sdm sirup rasa melon atau sesuai selera

1 gelas air putih

Cara Membuat:

  1. Kupas buah mangga dan potong dadu, sisihkan
  2. Masukkan gula dan agar-agar ke dalam panci
  3. Campur air dengan sirup, lalu masukkan ke dalam panci berisi gula dan agar-agar. Aduk-aduk hingga rata.
  4. Panaskan api dan didihkan adonan agar-agar tersebut diatasnya.
  5. Aduk-aduk dan angkat.
  6. Siapkan loyang yang telah diisi oleh potongan buah mangga.
  7. Masukkan adonan di dalamnya.
  8. Dinginkan di dalam ember berisi air sedikit. Setelah agak kaku masukkan ke dalam kulkas.
  9. Keluarkan dari cetakan dan potong-potong.
  10. Puding mangga siap dinikmati.

Untuk 15 porsi.