Tiga hari yang lalu (hari Senin) aku menemani Dora (temen se-kosku) untuk pergi ke petshop di kawasan Klampis. Dia berencana membeli makanan buat hamster-nya dan pengen nunjukkin ke aku betapa lucunya hewan-hewan peliharaan dan pernak-pernik yang dijual disana. Waktu liat anjing, aku ngeri, mereka menyalak-nyalak gitu, walo sebenernya lucu2 sih.. Tapi yang paling lucu yah hamster dan kucing dunk… (^_^). Setelah menemani Dora, kita pun berniat hunting makan malam yang enak tapi murah… Tujuan pun musti ditentukan, tapi kita sama-sama bingung… Kalo makanan sambel penyet sih udah terlalu sering, bosen, masa’ anak kos-kosan makannya itu2 aja. ”Mau pilih soto atau yang lain?”, tawarku..

”Kalo Soto yang enak aku tau, Dor, di dekat ITATS!”

”Terserah, enaknya apa, pokoknya jangan yang porsinya banyak, coz aku gak terlalu laper2 banget”, kata Dora.

”Eh, tapi denger2 sekarang warung soto yang aku maksud itu kalo malem tutup, nyari tempat yang lain aja ya..”

”Atau di tempat biasa aku nongkrong aja, Tik…?”

”Dimana?”

”Di dekat Kebun Bibit (Manyar), disitu murah, enak en tempatnya asyik, paling enak seh datengnya rame-rame…”

”Ya udah, ayo kita kesana..”

”Eh, tapi porsinya banyak banget, Tik. Jangan wes, ntar gak habis, kapan-kapan aja kita ajak temen2 kosan maem rame-rame disana. Kalo cuma berdua kurang seru”, Dora meralat usulannya.

”Aku tau tempat makan yang enak, murah, dan porsinya pas buat kita!!”, seruku…”Di daerah kampus B Unair, Gubeng Jaya gang V, deket kosnya sodara-ku!”.

Akhirnya kita pun pergi kesana. Aku teringat sebulan yang lalu aku pernah kesana dengan sodaraku, Lia. Harganya cukup murah, satu bungkus nasi dihargai Rp. 3500,- pas buat kantong anak2 kos-kosan. Yang membedakan warung tersebut dengan warung-warung lainnya adalah nasi campurnya yang udah dibungkusin. Jadi gampang kalo pengen take away atau mau maem disitu, penjualnya gak perlu cuci piring. Nasi campur dengan lauk yang bermacam-macam dan bisa dipilih, ada hati sapi, daging ayam, telur, dsb. Trus yang paling spesial adalah ada jus buah yang masih segar-segar dan buahnya agak jarang ditemuin di warung jus lainnya, murah pula, jus strawberry kesukaanku harganya cuma Rp. 3000,- , padahal kalo diluaran gitu diatas Rp.8.000,- Ada jus semangka, jus jambu merah/ jambu biji, jus melon, dan sebagainya. Dan gak hanya itu, warung tersebut juga menjual makanan-makanan camilan seperti sate usus ayam, gorengan, yang bisa jadi pelengkap makan nasi. Tempatnya asyik, konsep lesehan dari bambu dan dilengkapi dengan meja-meja kecil. Tempatnya pun selalu rame dengan pengunjung yang rata-rata adalah anak kuliahan. Full musik juga. Btw Dora cukup puas dengan tawaranku untuk makan disitu.. That’s way, buat yang pengen nyari maem murah dan enak di Surabaya, aku rekomendasiin untuk mencoba aja mampir di warung ini.