8 April 2008, pagi jam 06.45

Pagi ini agak berbeda dengan pagi-pagi sebelumnya. Apa pasalnya? Pas aku lagi asyik masak di kos gak taunya mamanya temenku Uli tiba-tiba ikut nimbrung dan memperhatikan kesibukanku yang berkutat dengan bawang, udang, cabe, dan sebagainya. Beliau jauh-jauh datang dari Jember dan udah 2 hari ini menginap di kosan coz hari Minggu kemaren beliau da undangan pernikahan di Surabaya. Hmm… lucunya, dari sekedar memperhatikan dan memberi tips2, beliau mungkin gak sabar kali ya ngeliat aku yang masih baru amatiran masak, ha..ha.. langsung deh beliau mbantuin aku…. Duh, jadi gak enak neh ngrepotin…. Dan Tarra!!! Tumis Manisa Udang jadi deh… hmmm… sedap lho!! Asli tanpa penyedap rasa, cuma pake garam dan gula doang…

By the Way, karena beliau udah bantuin aku en sungkan, aku trus inisiatif ngajak si Uli buat paruhan maem sama aku… Istilahnya berbagi gitu… Jadi patungan duit belanja buat masak itu tadi. Selesai mbantuin aku, beliau berpamitan pulang mau balik ke Jember naik kereta pagi. Makasih Ibu.. udah dibantuin…!

O, ya… aku mau bagi-bagi resep nih gimana caranya bikin masakan ini plus tambahan tips dari mamanya Uli…

Tumis Manisa Udang

Bahan:

  • 100 gr udang
  • 250 gr sayur manisa, iris-iris tipis memanjang
  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabe hijau, iris tipis
  • 3 buah cabe rawit, iris tipis
  • 12 butir ketumbar
  • 3 iris tipis laos
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk purut
  • 100 ml santan
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Taoge secukupnya

Cara Membuat:

  1. Bersihkan udang dan buang kotorannya, cuci bersih.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar dan laos.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum.
  4. Masukkan udang, aduk-aduk.
  5. Masukkan cabe hijau, cabe rawit, daun salam dan daun jeruk purut.
  6. Masukkan manisa dan tumis hingga layu.
  7. Tambahkan taoge dan air
  8. Masukkan santan, didihkan dan biarkan hingga meresap.
  9. Masukkan garam dan gula, aduk-aduk.
  10. Bila telah matang, angkat. Hidangkan.

Untuk 5 porsi

Resep By: Atik Savitri R.

Tips: Manisa yang telah dipotong sebaiknya digarami sebentar dan kemudian dicuci dengan air agar nantinya bisa lemas.