Bentuk buahnya seperti hati dengan warna merah menyala. Karenanya sangat pas sebagai simbol dewi cinta. Buah yang sudah ditanam sejak abad 13 ini memiliki rasa manis, segar yang sarat vitamin dan mineral. Apa saja ya khasiatnya buat tubuh?

Bearoma Harum: Nama Latin buah lambang cinta ini adalah Fragaria. Nama tersebut berkaitan dengan ‘fragrance’atau ‘aroma’. Sedangkan nama strawberry sendiri konon berkaitan dengan ‘straw’ alias merang yang dipakai untuk mengalasi buah strawberry. Uniknya biji strawberry berada di bagian luar buah berbentuk sangat kecil sehingga membuat tampilan buah jadi makin solid. Aroma buah strawberry sangat harum, manis sekaligus segar karena itu buah ini sangat digemari.

Kaya Jenis: Buah strawberry yang ditanam di berbagai wilayah di dunia berasal dari buah berry liar. Kalau awalnya jenisnya tak sampai 10 jenis, maka kini berkat perkembangan teknologi pangan jenis strawberry menjadi ratusan. Hampir tiap wilayah memiliki jenis yang berbeda. Demikian juga jenis strawberry yang ditanam di Indonesia, ada yang berasal dari Belgia, Italia dan Belanda. Bentuk buahnya ada yang kecil merah, kecil agak pucat hingga jenis manis yang besar berwarna merah menyala.

Memilih: Saat membeli strawberry, sebaiknya beli secukupnya. Karena buah ini tidak tahan lama, cepat busuk dan bermusuhan dengan air. Jika akan disimpan 1-2 hari, pastikan buah strawberry dalam kemasan tak ada yang busuk, strawberry yang busuk mudah menulari buah yang lain. Taruh kemasan dan simpan dalam lemari es. Pilih buah yang besarnya sama, utuh dan warnanya merah oranye merata sebagai tanda sudah masak. Strawberry yang merah menyala biasanya rasanya lebih manis.

Olahan: Sebelum diolah, cuci strawberry hingga kotorannya larut. Lap atau masukkan dalam spinner hingga air yang melekat pada buah benar-benar tiris. Jika akan disantap segar, strawberry bisa dimakan dengan yoghurt, cokelat, es krim atau saus gula yang diberi perasa. Jika akan diolah jangan terlalu lama memanaskan karena strawberry mudah lonyot atau lembek. Jika dihaluskan, jangan lupa saring dahulu sebelum dicampur dengan bahan lain karena biji yang banyak sangat mengganggu saat dimakan.

Khasiat: Rasa manis segar buah strawberry ternyata memberi manfaat besar buat tubuh. Kandungan vitamin A, C, B, Kalsium, Posfat, dan Magnesium yang cukup besar untuk pemenuhan kebutuhan tubuh. Misalnya, kandungan vitamin sebesar 56.700 mg per 100 gram strawberry membuat buah ini sangat baik sebagai antioksidan, sekaligus penghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Sementara kandungan lemak yang rendah, kolesterol rendah dan serat yang tinggi membuat strawberry sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes atau ingin menurunkan berat badan.

Sumber: detikfood.com