Minggu terakhir tahun 2008 kemarin saya iseng ingin membuat brownies kukus. Maklum, disini sering banget hujan pas sore hari..,, bawaannya pengen nyemil yang anget-anget melulu. Daripada kudu beli keluar, mending bikin cemilan sendiri khan.. Bikinnya juga pas anggota keluarga di rumah lagi lengkap (hari libur). Oh ya, resep brownies ini saya dapatkan dari salah seorang sahabat MP, Mbak Arum, dokter cantik yang pinter masak “Makasih ya Mbakku… daripada ngiler terus liat postingan resepnya Mbak, ya aku coba praktekkin aja langsung.. Jadi bisa nyicip rasanya dalam dunia nyata deh, hehehe… ” BTW rasanya emang lumayan enak lho.. keluarga saya terutama mama (yg biasanya bikin jajan nih), bilang begitu.. Nggak kalah sama brownies yang dijual di toko-toko.

Brokus chocolate cream-cheese

Sajian Sore ^_^

Nie dia resepnya…

Bahan-bahan:

1. Bahan Brownies cokelat:
6 butir telur
225 gr gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1 sdt vanili
125 gr terigu
50 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
175 gr mentega, dilelehkan terlebih dahulu
100 gr Dark Cooking Chocolate, lelehkan

2. Bahan Cream Cheese
200 gr cream cheese
50 gr margarine
50 gr terigu
1 butir telur

Taburan: raisin (anggur kering) dan chocolate chips

Cara Membuat:

  1. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan vanilli hingga mengembang
  2. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, aduk rata
  3. Masukkan mentega dan Dark Cooking Chocolate, aduk kembali hingga rata, sisihkan.
  4. Untuk membuat cream cheese: kocok cream cheese, margarine, dan tepung terigu hingga lembut, masukkan telur sambil dikocok hingga rata, sisihkan
  5. Tuang setengah bagian adonan brownies cokelat ke dalam loyang yang telah diolesi margarin.
  6. Tambahkan adonan cream cheese, tutup dengan sisa adonan brownies cokelat
  7. Taburi bagian atas adonan dengan raisin dan chocolate chips
  8. Kukus hingga matang.
  9. Potong-potong dan sajikan hangat (cocok bgt disajikan bareng ini –> )

NB: Karena bikinnya pada loyang berukuran 26 x 10 cm, hasilnya satu resep ini bisa menjadi 2 loyang. O,ya mohon maaph,, karena baru pertama kali bikin, lapisan keju krimnya gak seberapa keliatan (liat foto), baru pas dipotong aja terlihat ;)


About these ads